Aplikasi Video Call Terbaru Dari Google Yang Di Beri Nama Google Duo

Apa itu Google Duo ? Dan Bagaimana Cara Menggunakannya ?_Saat ini Google telah meluncurkan aplikasi video call bernama Googel Duo, untuk platform Android dan iOS.Aplikasi ini bisa bekerja lintas platform. Artinya, pengguna Google Duo bisa menelepon dengan ponsel Android ke iPhone, ataupun  sebaliknya.Google Duo sendiri dikembangkan berdasar teknologi web real-time communication (WebRTC) dan bekerja menggunakan jaringan mobile. Teknologi ini dibuat bertujuan untuk menyederhanakan panggilan telepon video.

Google Duo



Mulai sekarang para pengguna iOs dan Android di tanah sudah bisa mendownloadnya di App Store dan Play Store.Setelah proses mengunduh selesai, para pengguna hanya tinggal melakukan registrasi dengan nomor telepon. Untuk melakukan pendaftaran ini, Anda tidak memerlukan akun Google.Setelah Anda memasukkan nomor telepon, selanjutnya Google akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS. Jika SMS sudah diterima, masukkan kode tersebut dan Anda pun sudah dapat menggunakan Google Duo. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google menggunakan teknologi WebRTC atau Web Real Time Communication, yaitu bekerja dengan jaringan mobile.

Google Duo

Jadi,Google Duo hanya membutuhkan nomor ponsel untuk identifikasi. Pengguna tidak perlu memiliki akun terpisah atau akun Google. Aplikasi ini juga tidak menggunakan akun Google.Salah satu fitur pembeda Google Duo dengan aplikasi video call lainnya adalah fitur Knock Knock. Fitur ini mirip preview video satu arah yang hanya bisa dilihat penerima telepon. Pengguna akan melihat video si peneleponnya sebelum memutuskan akan menerima panggilannya atau tidak.Knock Knock hanya muncul jika si penelepon ada di dalam daftar kontak. Dengan fitur ini, penerima telepon diharapkan bisa tahu penelepon sedang apa dan ingin membicarakan tentang apa.Di Android, Knock Knock bekerja di layar Lock Screen, sementara di iPhone, fitur tersebut hanya muncul di tampilan aplikasi.

kelebihan dari Google Duo


Inilah Keunggulaan Google Duo Di banding Aplikasi Video Call Lainnya ?

 

1. Koneksi Cepat Hindarkan Panggilan Gagal


Walau komunikasi video call lebih sempurna secara audio visual, namun masih tidak banyak digunakan. Apa pasal? Ya, koneksi tak stabil dan panggilan gagal menjadi penyebab video call banyak dikeluhkan.Survey Google YouGov pada Juli 2016 melaporkan sebanyak 81% pengguna video call mengeluhkan koneksi internet yang tidak stabil saat melakukan panggilan.
Atas dasar fakta itu Google coba mengatasinya pada aplikasi terbarunya Google Duo. Dengan mengembangkan teknologi web real-time communication (WebRTC) yang bekerja menggunakan jaringan mobile, mampu menyederhanakan panggilan video hingga lebih cepat dan stabil.
Duo diklaim dapat berjalan lancar meski dengan koneksi yang lambat. Namun, kualitas gambar juga akan berkurang menyesuaikan bandwidth yang terbatas. Artinya kita bisa melakukan panggilan video dengan lancar dan terhindar dari putusnya panggilan secara tiba-tiba (panggilan gagal).
Justin Uberty dari Software Engineer Google, telah membuktikan bahwa Duo punya persentase panggilan gagal (dropped calls) yang lebih rendah dibanding aplikasi lain.
Selain itu keunggulan yang lain pada koneksi Google Duo adalah peralihan jaringan tanpa terputus. Semisal kita berhenti saat menggunakan Wi-Fi dan beralih ke jaringan ponsel (dan sebaliknya), panggilan video tetap berjalan tanpa perlu terputus terlebih dahulu.

2. Lebih Simpel dengan Nomor Ponsel

 

Tidak seperti kebanyakan aplikasi komunikasi yang lainnya, Google Duo tidak memerlukan akun khusus untuk memanggil dan menerima video call. Kita hanya butuh nomor ponsel saja untuk terdaftar, dan kita langsung bisa melakukan video call kepada nomor yang ada di daftar kontak kita.

3. Fitur Knock Knock

 

Seringkali panggillan sering dianggap gangguan karena tidak tahu siapa yang memanggil dan seperti apa keadaannya. Maka dari itu, fitur Knock Knock ini hadir dan merubah persepsi gangguan panggilan lebih kepada undangan panggilan.
Knock Knock adalah fitur preview video satu arah yang hanya bisa dilihat oleh penerima panggilan. Penerima panggilan bisa melihat wajah dan keadaan pemanggil (penelepon) saat ada notifikasi panggilan, lalu dia sendiri yang akan memutuskan apakah akan menerima panggilannya atau tidak.

4. Privasi dan Keamanan Panggilan


Kekhawatiran akan privasi dan keamanan saat melakukan panggilan sering dialami banyak orang. Dengan Google Duo, Privasi dan keamanan akan terjamin karena semua panggilan di aplikasi Duo sudah dienkripsi dari awal hingga akhir (end-to-endencrypted).

5. User Interface yang Mudah dan Praktis 


Salah satu keunggulan Google Duo adalah kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Tanpa harus terlalu lama dan ribet dengan banyak pilihan menu, Google Duo lebih ringan dibuka, dan langsung tertuju pada tujuan panggilan.

6. Lintas Platform Android dan iOS

 

Karena hadir pada dua platform paling banyak penggunanya, yakni Android dan iOS, tentu saja Google Duo dapat melakukan panggilan lintas kedua platform tersebut. Bedanya, panggilan lintas platform dari Google Duo diklaim lebih lancar dibanding yang lain.
Berdasarkan survey Google YouGov pada Juli 2016, 25% responden mengaku bahwa video call belum maksimal saat dilakukan dari platform yang berbeda (lintas platform).



Hal menariknya lagi antarmuka Google Duo juga memiliki desain yang sederhana dan tidak banyak memiliki menu tambahan. Seperti yang telah disebutkan di atas, Duo dapat bekerja lintas platform. Jadi pengguna Duo dapat menelepon dengan iPhone ke Android maupun sebaliknya.Karena Google ingin menyuguhkan sesuatu yang berbeda dan lebih ‘fresh’ bagi publik dan memastikan memberikan aplikasi yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Bagi Anda yang hobi menggunakan pesan instan, maka Google Duo ini wajib diunduh ke smartphone Android atau iPhone Anda.Download aplikasinya sekarang di sini.

0 Response to "Aplikasi Video Call Terbaru Dari Google Yang Di Beri Nama Google Duo"

Posting Komentar